Apache vs Nginx

Ditulis pada tanggal 08 Mei 2014

Sudah berapa kali dan dari mana saja kita mendengar bahwa nginx + php-fpm jauh lebih baik daripada apache + mod_php5? "Jauh lebih baik" di sini biasanya didefinisikan sebagai hasil akhir di mana nginx bisa melayani jumlah http request jauh lebih banyak daripada apache. Kemudian ada juga klaim bahwa php fpm yang listen di tcp socket performa kerjanya lebih buruk daripada apabila dijalankan di unix socket. Akhirnya tangan saya cukup gatal juga, kemudian saya melakukan perbandingan, dan demikianlah cerita dimulai.

(Komentar: 26 | Selengkapnya)

 

Kalau Internet Cepat Mau Dipake Buat Apa?

Ditulis pada tanggal 30 Januari 2014

Buat saya kok ini pertanyaannya menarik. Bukan karena banyaknya jawaban yang bisa diberikan, tapi saya menangkap ada maksud lain yang juga bisa digali dari pertanyaan yang kalau dilihat dari berbagai berita (dan tweet banyak orang) sore ini berkesan blo'on. Saya kok merasa bahwa sebenarnya kalimat ini bukan pertanyaan, tapi lebih kepada ajakan untuk merenung, bercermin, dan berusaha secara obyektif menilai diri kita sendiri.

(Komentar: 2 | Selengkapnya)

 

Tepuk Tangan: Perlu Dua Tangan

Ditulis pada tanggal 09 Januari 2014

Beberapa waktu terakhir banyak gonjang-ganjing tentang kualitas siaran televisi kita. Medianya macam-macam. Ada yang di jejaring sosial, ada di televisi, ada juga di obrolan sana sini entah itu dari teman kerja atau tetangga. Yang dibicarakan juga macam-macam. Mulai joget tujuh bulan yang semakin garing dan memancing anak-anak untuk buka retsleting celana, ada juga yang cerewet tentang adegan siram bedak lempar tong dan kekejaman lainnya, ada gambar kartun yang menyindir gosip, dan banyak lagi lah yang lain. Tentang Sinetron, lalu serial aji-aji sukmo modar, saya juga salah satu orang yang ndak doyan juga.

(Komentar: 0 | Selengkapnya)

 

Pamer Sepatu Baru

Ditulis pada tanggal 07 Januari 2014

Judul sudah mengatakan segalanya. Sudah belasan tahun saya ndak pernah beli sepatu. Yang selama ini ada entah itu lungsuran dari bapak saya, atau dapet jatah sepatu dari kantor, dan yang sekarang saya pakai sehari-hari adalah lungsuran dari bos saya di tahun 2009 yang lalu.
 

(Komentar: 0 | Selengkapnya)

 

Mail Filter, Server Atau Client?

Ditulis pada tanggal 26 September 2013

Banyak orang yang menggunakan fasilitas filtering dalam mengelola surat elektroniknya. Fasilitas ini akan sangat terasa gunanya kalau yang bersangkutan banyak ikut milis untuk mengelompokkan surel-surel tersebut ke folder masing-masing. Mengingat derajat kepentingan fasilitas ini, hampir tidak mungkin rasanya kalau ada instansi yang menyediakan akses webmail yang tidak disertai dengan fasilitas ini. Dari sisi administrator ada satu masalah penting yang harus dipikir baik-baik, yakni memilih untuk mengimplementasikan di sisi server, atau di sisi client.

(Komentar: 1 | Selengkapnya)

 

Teknisi TIK Berpendidikan

Ditulis pada tanggal 11 April 2013

Kalimat rekan saya, Budiwijaya, terus terang cukup menggelitik hati untuk lagi-lagi berkomentar tentang tingkat pendidikan. Beberapa waktu yang lalu saya sempat secara eksplisit membandingkan antara badan Y yang dikelola oleh orang-orang dengan tingkat pendidikan S1 dengan badan Z yang dikelola oleh orang-orang dengan tingkat pendidikan S2 dan S3. Saya melakukan perbandingan murni di sisi yang secara langsung bersentuhan dengan teknis, yakni orang-orang yang memang kesehariannya bergelut dengan vim dan ssh. Bukan di sisi konseptor, pun bukan di sisi "memerintah."

(Komentar: 5164 | Selengkapnya)

 

Terjemahan Bahasa Asing

Ditulis pada tanggal 07 April 2013

Bahasa punya ruh. Menerjemahkan kalimat dari sebuah bahasa ke bahasa lain seharusnya tidak bisa dilakukan kata-perkata karena perbedaan ruh itu. Sebagai contoh, suatu benda dalam bahasa Jerman memiliki jenis kelamin. Konsep itu tidak dikenal dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Kemudian ada pula aturan tentang penggunaan kata ganti. Ada perbedaan yang sangat mendasar antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang seringkali penerjemahannya tidak diperhatikan dengan baik.

(Komentar: 0 | Selengkapnya)

 

Enam Bulan Jadi BSA

Ditulis pada tanggal 01 April 2013

[BOI]Oke, sudah hampir setengah tahun berlalu sejak saya dirayu oleh Budi untuk bergabung dengan Tim Infrastruktur BlankOn Linux. Tugas saya sejatinya cukup sederhana, dan terus terang saja agak "absurd." Kerjaan saya yang pertama adalah bikin akun untuk orang-orang yang perlu login ke beberapa server yang menjalankan layanan-layanan BlankOn. Yang kedua jadi tukang stempel SSL self-signed, dan yang terakhir adalah menjaga agar aplikasi-aplikasi yang digunakan dalam proyek ini bisa senantiasa berjalan "lancar." Nah, dengan isi kepala saya yang enggak canggih ini, definisi lancar itu tadi yang bikin mumet.

(Komentar: 1 | Selengkapnya)

 

 
[TWTR] [FB] [GPLUS]
Seharusnya situs ini kelihatan bagus kalo anda lihat menggunakan layar monitor. Jangan pernah mencoba membaca isinya pakai kuku atau barang-barang klenik lainnya.
kamas@its.ac.id