Surel ITS dan Google Apps

Ditulis pada tanggal 27 Februari 2013

Tanggapan orang atas penggunaan Google Apps di institusi pendidikan Indonesia tentu bakal beragam. Ada orang-orang yang setuju dan ada pula sebaliknya. Pada umumnya orang-orang yang menyetujui perpindahan itu adalah orang-orang yang tidak peduli tentang koneksi lokal/internasional, atau menempatkan prioritas ketersediaan dan kesinambungan layanan lebih tinggi daripada rasa kemandirian untuk meningkatkan kualitas layanan yang tentunya makan biaya lebih besar daripada menggunakan apa yang ada dan gratis. Sebaliknya, mereka yang sangat peduli tentang kemandirian dan bersedia menghabiskan waktu dan tenaganya untuk meningkatkan kualitas layanan milik sendiri pasti tidak akan setuju dengan langkah itu. Rasa ketidak setujuan ini akan lebih meruncing apabila kita mengaitkan dengan Google sebagai perusahaan luar negeri dan institusi kita sebagai institusi lokal. Prinsip-prinsip nasionalisme akan terasa lebih kental lagi. Di mana saya berada? Kalau saja saya bisa memilih maka saya akan memilih untuk berada di posisi kedua. Sayangnya, saya tidak lagi bisa memilih itu karena saya sudah tidak lagi bertopeng sebagai pengelola jaringan ITS.

(Komentar: 5 | Selengkapnya)

 

Zimbra SSL Basi

Ditulis pada tanggal 13 November 2012

Di waktu yang sebenarnya kurang tepat karena ini itu dan anu-anu, terjadilah kematian sertifikat SSL self-signed di infrastruktur email kantor kawan. Aplikasinya menggunakan zimbra, kupisah jadi 3 server yaitu satu untuk server direktori, kemudian server mailstorage, dan server mta. Gara-gara SSL basi ini komunikasi antara ketiga server itu jadi mabuk, dan lebih sial lagi istruksi di wiki si empunya zimbra ternyata tidak berjalan semulus yang seharusnya.

(Komentar: 0 | Selengkapnya)

 

Bahagia Tanpa BB

Ditulis pada tanggal 03 Oktober 2012

Sebentar lagi tepat satu bulan semenjak aku mengirimkan pesan "pamitan" kepada seluruh kontak di BBMku. Tiada lagi BBM, tiada lagi BB Grup. Gimana rasanya? Yah, lumayan campur aduk, tapi bagian terbesar dari campuran itu adalah BAHAGIA! Tidak ada lagi promo-promo yang disebar tanpa kenal waktu, tidak ada lagi pesan-pesan mbambet, tidak ada lagi pesan-pesan yang isinya "Sorry, test kontak, abaikan" yang rasanya begitu menjengkelkan setengah mati. Bagian kecilnya tentu ada rasa sedih, yaitu grup temen-temen GSG01. Dari beberapa grup lain yang kuikuti, itulah satu-satunya grup yang menurutku bahan omongannya masih waras (diukur dari tingkat kewarasan anggotanya), dan betapa pun ngawurnya topik yang dibicarakan, selalu saja terbaca dengan rasa senang gembira.

(Komentar: 1 | Selengkapnya)

 

Ini Judulnya Lagi Ngambeg

Ditulis pada tanggal 02 Mei 2012

Dulu saya sempet jadi anggota tukang sapu dan bersih-bersih di salah satu kantor di Surabaya. Kalau mau dijabarkan dengan cara yang berbelit, yang saya kerjakan cukup sederhana. Kalau datang sendok kotor, saya bersihin. Setelah saya bersihin, saya cari di sendok itu ada yang berkarat atau tidak. Kalau ada karat, saya poles sendok itu entah dengan cara apa supaya bisa mengkilat. Kalau sudah mengkilat saya usahakan untuk tidak berkarat lagi. Kalau sudah tidak berkarat saya coba tambahkan ukiran sederhana, sedikit demi sedikit agar makin indah. Udah paham kan apa yang saya kerjakan? Udah paham kan apa yang saya bisa? Kalau garpu gimana? Sama!

(Komentar: 3 | Selengkapnya)

 

Buah Keisengan

Ditulis pada tanggal 17 Januari 2012

Untuk alasan yang cukup konyol (keisengan), beberapa bulan yang lalu aku install zimbra dalam tiga server yang terpisah. Ngikut panduan multi server install yang didapat dari zimbra, satu dipakai untuk Directory Service, kemudian satu dipakai untuk Mail Storage (yang isinya ternyata nggak cuma penyimpenan email), dan satu lagi dipakai untuk MTA (termasuk pop dan imap proxy). Setengah judi, karena memang ada beberapa perangkat seksi di tempat temanku itu, aku pasanglah dua server (dir dan store) dalam bentuk virtual (KVM), kecuali yang MTA karena memang RAMnya yang ada tidak sebesar yang kuharapkan.

(Komentar: 3 | Selengkapnya)

 

Jalan Pesawat Pun Macet

Ditulis pada tanggal 23 Desember 2011

Kebetulan kemarin malam saya sempat mampir ke Bandara Soekarno Hatta. Terpaksa sih, soalnya mau numpang pesawat yang terbang dari Jakarta ke Surabaya. Boarding sekitar lima menit lebih awal dari jadwal, yang entah mengapa rasanya agak aneh. Tumben-tumbenan pesawat malam bisa jalan tepat waktu. Setelah duduk dan ada sambutan peragaan cang-cing-cong, lampu kabin dimatikan, dan bergeraklah pesawat itu menuju landas pacu.

(Komentar: 1 | Selengkapnya)

 

Kenapa Disebut Korban?

Ditulis pada tanggal 09 Desember 2011

Semua pasti tahu bahwa "sesuatu" yang oleh satu pihak disebut sebagai kejahatan boleh jadi dianggap oleh kelompok yang lain sebagai kemuliaan. Definisi tentang apakah itu pemberontakan atau perjuangan tidak lepas begitu saja terhadap siapa yang melihatnya. Di area ini, tentunya tidak mungkin menginterpretasikan suatu kejadian hanya berdasarkan fakta. Motif juga harus dilihat, walau akhirnya anda hanya akan memutuskan untuk melihat kejadian itu sebagai bentuk kecerdasan atau bentuk kebodohan.

(Komentar: 0 | Selengkapnya)

 

Selamat Tinggal, Sobat

Ditulis pada tanggal 22 Agustus 2011

Di rumah, buat akses internet senin kemis aku pake Huawei E-960. Lumayan lah buat sekedar baca berita, sedikit chat, yaaa gitu-gitu aja lah. Setelah dipakai agak ngawur selama sekitar setahun, akhirnya barang ini kapok juga. Mungkin aku makenya agak kejem kali ya, memang kalo udah agak ngadat, kalo badannya dipegang krasa agak panas. Ketika lampunya kelap kelip aneh beberapa hari yang lalu krasa kayak ada bau-bau sangit di deket lubang udaranya. Apa emang kebakar beneran? Ya sudahlah.

(Komentar: 0 | Selengkapnya)

 

 
[TWTR] [FB] [GPLUS]
Seharusnya situs ini kelihatan bagus kalo anda lihat menggunakan layar monitor. Jangan pernah mencoba membaca isinya pakai kuku atau barang-barang klenik lainnya.
kamas@its.ac.id